Rabu, 22 Februari 2012

Berpikir & Berjiwa Besar

BAGAIMANA BERPIKIR & BERJIWA BESAR


5 Prosedur Bekerja Bagi Anda

  1. Tindakan menyembuhkan ketakutan. Kurungi ketakutan anda dan kemudian  ambil  tindakan  konstruktif.  Dengan tidak  adanya  tindakan / tidak melakukan  apapun  terhadap situasi akan menguatkan ketakutan dan menghancurkan kepercayaan diri.
  2. Lakukan usaha  tertinggi  untuk memasukkan hanya pikiran positif ke  dalam  ingatan  anda.  Jangan  biarkan  pikiran  negatif yang mencela  diri  berkembang  menjadi  monster  mental.  Jangan  mau sama  sekali  mengingat  kejadian  atau  peristiwa  yang  tidak menyenangkan.
  3. Tempatkan orang dalam perspektif  yang benar.  Ingat,  orang  lebih sama,  jauh  lebih  sama,  ketimbang  berbeda. Dapatkan  pandangan yang  seimbang  Bangun Kepercayaan  dan  Hancurkan  Ketakutan. Mengenai  orang  lain.  Ia  hanya  manusia  biasa. Dan  kembangkan sikap penuh pengertian. Banyak orang akan menyalak, tetapi jarang sekali yang benar-benar menggigit. 
  4. Praktekkan melakukan apa yang hati nurani Anda katakan sebagai hal  yang  benar  kepada  anda.  Hal ini  mencegah  berkembangnya rasa bersalah yang beracun. Mengerjakan apa yang benar adalah kaidah yang sangat praktis untuk berhasil.  
  5. Buat segalanya tentang anda berbunyi, “Saya percaya diri, benar-benar  percaya  diri”.  Praktekkan  teknik-teknik  kecil  ini  di  dalam aktivitas anda sehari-hari, misalnya berbicaralah terus terang, tersenyumlah lebar, duduk di barisan depan, adakan kontak mata dengan orang yang diajak berbicara, dll .  
Berpikirlah Secara Kreatif
  1. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan. Jika anda percaya sesuatu dapat dilakukan,  pikiran  Anda  akan  mencari  cara-cara  untuk melakukannya. Percaya akan suatu solusi melicinkan jalan menuju solusi. Hapuskan kata  “tidak  mungkin,”  “tidak  akan  berhasil, “tidak  ada  gunanya  mencoba”  dari  pikiran  dan  kosakata
    pembicaraan anda.  
  2. Jangan biarkan  tradisi  melumpuhkan pikiran anda. Bersikaplah untuk menerima  gagasan  baru.  Lakukan  eksperimen.  Coba pendekatan baru. Bersikaplah progresif dalam semua yang Anda kerjakan.  
  3. Bertanyalah kepada diri sendiri setiap hari, “Bagaimana saya dapat bekerja  dengan  lebih baik?”  tidak  ada batas  untuk perbaikan diri. Ketika  anda  bertanya  pada  diri  sendiri,  “Bagaimana  saya  dapat bekerja  dengan  lebih  baik  jawaban  yang  tepat pun  akan muncul. Cobalah dan lihat hasilnya. 
  4. Bertanyalah  kepada  diri  sendiri,  “Bagaiamana  saya  dapat  bekerja lebih  banyak?”  Kapasitas  adalah  keadaan  pikiran.  Mengajukan pertanyaan  ini kepada diri  sendiri membuat  pikiran anda bekerja mencari  jalan  pintas  yang  cerdik.  Kombinasi  yang  berhasil di dalam bisnis: Kerjakan apa yang Anda kerjakan dengan lebih baik (perbaiki kualitas keluaran anda), dan: Kerjakan lebih banyak apa yang anda kerjakan (tingkatkan kuantitas keluaran anda).
  5. Praktekkan  bertanya  dan  mendengar.  Bertanya  dan  dengarkan maka anda pun  akan memperoleh bahan mentah untuk mencapai keputusan  yang  tepat.  Ingat:  Orang  besar  memonopoli  kegiatan mendengarkan; orang kecil memonopoli kegiatan berbicara. 
  6. Bentangkan  pikiran  anda.  Dapatkan  stimulasi.  Bergaul  dengan orang yang dapat membantu anda memikirkan gagasan baru, cara baru mengerjakan segala sesuatunya. Berbaurlah dengan orang dari minat pekerjaan dan sosial yang berbeda. 

Berpikirlah Besar Selalu Memberikan Imbalan

  1. Taklukkan  kebiasaan mencela  diri. Berkonsentrasilah pada asset / kelebihan  anda. anda lebih baik dari pada yang anda duga
  2. Gunakan  kosakata  pemikir  besar. Gunakan  kata-kata  yang  besar, cerah,  ceria.  Gunakanlah kata-kata yang menjanjikan kemenangan, harapan,  kebahagian,  kesenangan;  hindari  kata-kata  yang dapat menimbulkan  gambaran  tidak  menyenangkan  berupa  kegagalan, kekalahan, kesedihan. 
  3. Bentangkan  visi anda.  Lihat  apa  kemungkinannya,  bukan  hanya apa  yang  ada.  Praktekkan menambahkan  nilai  pada  benda,  pada orang, dan pada diri sendiri. 
  4. Dapatkan  pandangan  yang  besar  mengenai  pekerjaan  anda. Berpikirl dengan benar-benar bahwa pekerjaan  anda  lakukan yang  sekarang benar-benar  penting.  Bahwa  promosi  berikutnya  bergantung terutama  bagaimana  anda  berpikir  mengenai  pekerjaan  anda sekarang. 
  5. Jangan  berpikir  tentang  hal-hal  yang  sepele.  Fokuskan  perhatian anda pada sasaran yang besar. Sebelum terlibat di dalam persoalan yang kecil, bertanyalah  kepada  diri  sendiri,  “Apakah  ini  benar-benar penting?”

Terapkan Prinsip - Prinsip Berpikir Ini

  1. Jadikan diri Anda  lebih ringan untuk diangkat. Jadilah orang yang menyenangkan.  Biasakanlah  menjadi  jenis  orang  yang  disukai orang. Hal ini akan membuat Anda mendapat dukungan dan memberi bahan bakar ke dalam program pengembangan keberhasilan Anda. 
  2. Ambil  inisiatif  dalam  membina  persahabatan.  Perkenalkan  diri anda  kepada orang  lain  pada  setiap  kesempatan.  Pastikan anda mendapatkan  nama  orang  bersangkutan  dengan  benar  dan  sama pastinya  ia  melakukan  hal  yang  sama.  Kirimkan  surat  pribadi kepada teman baru yang Anda kenal lebih baik.  
  3. Terima  perbedaan  dan  keterbatasan  manusia.  Jangan mengharapkan  semua  orang  sempurna. Ingat, orang lain mempunyai  hak  untuk  berbeda. Dan  jangan menjadi  orang  yang ingin mengubah sifat orang lain.
  4. Setel Saluran Pikiran yang Baik. Temukan kualitas untuk disukai dan dikagumi pada diri seseorang, bukan hal-hal yang tidak  disukai.  Dan  jangan  biarkan  orang membuat  pikiran  anda berprasangka  tentang  orang  ketiga.  Berpikirlah  positif  terhadap orang lain dan dapatkan hasil yang positif
  5. Praktekkan  kemurahan  hati  dalam  bercakap-cakap.  Jadilah  orang yang  sukses.  Dorong  orang  lain  untuk berbicara.  Biarkan  ia berbicara  kepada  anda  tentang  pandangannya,  opininya, prestasinya. 
  6. Praktekkan  kebaikan  hati  selalu.  Ini membuat  orang  lain merasa lebih baik. Ini membuat anda juga merasa lebih baik. 
  7. Jangan salahkan orang lain jika anda mengalami kemunduran. Ingat, bagaimana  Anda  berpikir  ketika  anda  kalah  menentukan berapa lama kekalahan itu berlangsung sebelum Anda menang. 
Tumbuhkan Kebiasaan Bertindak
  1. Jadilah  aktivasionis.  Jadilah orang  yang berbuat dan pelaksanan, bukan sebaliknya.
  2. Jangan menunggu  hingga  keadaannya  sempurna  karena  itu  tidak akan pernah terjadi. Harapkan penghalang dan kesulitan yang akan menghadang dan pecahkan semuanya ketika muncul. 
  3. Ingat, gagasan  saja  tidak akan memberikan keberhasilan. Gagasan mempunyai nilai hanya jika Anda melaksanakannya.  
  4. Gunakan tindakan untuk hilangkan  ketakutan  dan memdapatkan kepercayaan diri. Kerjakan apa yang anda takutkan agar ketakutan menghilang, cobalah dan lihat hasilnya. 
  5. Mulai  mesin  mental  anda  secara  mekanis.  Jangan  menunggu hingga  jiwa anda menggerakkan anda.  Ambil  tindakan,  galilah, dan anda menggerakkan jiwa Anda.  
  6. Berpikirlah  dalam  pengertian  sekarang.  Besok,  minggu  depan, nanti  dan  kata-kata  serupa  kerap  merupakan  sinonim  dari  kata kegagalan  tidak  pernah. Jadilah  jenis  orang  yang  “Saya memulai sekarang juga.” 
  7. Segeralah bertindak.  Jangan membuang-buang waktu menyiapkan diri untuk bertindak. Mulailah bertindak.
  8. Ambil inisiatif, jadilah pelopor dan sukarelawan, ambillah inisiatif dan laksanakan. Perlihatkan  bahwa  Anda  mempunyai kemampuan dan ambisi untuk berbuat.
Pedoman Mengubah Kekalahan Menjadi Kemenangan

  1. Pelajari kemunduran untuk melicinkan jalan menuju keberhasilan. Ketika  anda  kalah, belajarlah, Kemudian  lanjutkan untuk menang pada kesempatan berikutnya. 
  2. Miliki  keberanian  untuk  menjadi  kritikus  diri  sendiri yang konstruktif. Selidiki kesalahan dan kelemahan Anda dan kemudian perbaiki. Ini membuat Anda sukses.
  3. Behentilah  menyalahkan  nasib. Periksa  setiap  kemunduran.  Cari tahu  apa  yang  berjalan  keliru.  Ingat,  menyalahkan nasib tidak akan pernah membawa orang ke tempat yang ia tuju. 
  4. Gabungkanlah  ketekunan  dengan  eksperimen.  Tetaplah  dengan cita-cita  anda,  tetapi  jangan  benturkan  kepala  anda  ke  dinding batu. Cobalah pendekatan baru. Bereksperimenlah. 
  5. Ingatlah,  ada  sisi  baik  dalam  setiap  situasi. Carilah  sisi  baik itu. Lihatlah sisi yang baik dan tolaklah rasa frustrasi.
Prinsip Pembangunan Pikiran & Jiwa Yang Sukses
  1. Tetapkan  secara  jelas  ke  mana anda  ingin  pergi.  Ciptakan gambaran diri anda 10 tahun dari sekarang.  
  2. Tuliskan rencana 10  tahun anda. Kehidupan anda  terlalu penting untuk  diserahkan  kepada  nasib.  Tuliskan  apa  yang  anda  ingin capai di dalam  bidang pekerjaan anda,  bidang  rumah anda, dan bidang sosial anda.  
  3. Turuti keinginan anda. Tetapkan tujuan untuk mendapatkan energi lebih  besar.  Tetapkan  tujuan  untuk  membuat  segala  sesuatunya selesai. Terapkan tujuan dan kesenangan riil dari kehidupan. 
  4. Biarkan  tujuan  utama  anda  menjadi  pedoman  otomatis anda. Ketika anda membiarkan  tujuan anda menyerap diri anda, anda akan  mendapatkan  diri  anda  mengambil  keputusan  yang  tepat untuk mencapai tujuan Anda. 
  5. Capailah tujuan Anda satu langkah demi satu langkah. Anggap tiap langkah  yang  Anda  laksanakan,  lepas  dari  betapapun  kecil tampaknya, sebagai langkah menuju tujuan Anda. 
  6. Kembangkan  tujuan  30  hari.  Usaha  hari  demi  hari  memberikan hasil. 
  7. Ambil  jalan memutar dalam  langkah anda.  Jalan memutar hanya berarti  rute  lain,  tidak  pernah  boleh  berarti  melepaskan  tujuan anda.
  8. Lakukan  investasi  dalam  diri  anda.  Lakukan  investasi  dalam pendidikan, lakukan investasi dalam pencetus gagasan.
Prinsip Kepemimpinan
  1. Bertukar  pikiranlah  dengan  orang-orang  yang  anda  ingin pengaruhi. Adalah mudah untuk mengerjakan apa yang anda ingin mereka kerjakan  jika anda mau melihat segala sesuatunya melalui kacamata  mereka.  Ajukanlah  pertanyaan  kepada  diri  sendiri sebelum Anda bertindak. “Apa yang akan saya pikirkan mengenai hal ini, jika saya bertukar tempat dengan orang lain?”
  2. Terapkan kaidah “Manusiawi” dalam berurusan dengan orang lain. Tanyakan, “Apa cara yang manusiawi untuk mengenai ini?” Dalam semua  yang  anda  kerjakan,  perlihatkan  bahwa  anda mengutamakan  orang.  Beri  mereka  jenis  perlakuan  yang  anda sendiri ingin terima. anda akan memperoleh imbalan. 
  3. Berpikirlah maju,  percayalah  akan  kemajuan, mendesaklah  untuk maju.  Pikirkan  perbaikan  dalam  semua  yang  anda  kerjakan. Pikirkan  standar yang  tinggi  dalam  segala  yang  anda  kerjakan. Selama suatu periode waktu  tertentu, bawahan cenderung menjadi tiruan  dari  pemimpin  mereka.  Pastikan  yang  asli  layak ditiru Jadikan ini keputusan pribadi: “Di rumah, di tempat kerja, di dalam kehidupan social, saya menyokong kemajuan.” 
  4. Luangkan  waktu  untuk  berunding  dengan  diri  sendiri  dan  sadap kekuatan  berpikir  anda  yang  tertinggi.  Kesendirian  yang  diatur menguntungkan. Gunakan kesendirian ini untuk melepas kekuatan kreatif  anda.  Gunakan  kesendirian  ini  untuk  menemukan pemecahan  bagi  masalah  pribadi  dan  bisnis.  Jadi,  luangkan
    sejumlah  waktu  sendirian  setiap  hari  hanya  untuk  berpikir. Gunakan  teknik  berpikir  yang  digunakan  semua  pemimpin besar. Berundinglah dengan diri sendiri.



Orang bijaksana akan menjadi
Majikan dari Pikirannya
Orang Bodoh akan menjadi Budaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar